2 hal yang membuat malaikat tidak mau masuk rumah

Dibaca : 7,575 kali

pernah suatu saat Rasulullah membuat janji bertemu dengan malaikat jibril tapi ternyata sang malaikat tak kunjung datang. apakah malaikat tidak menepati janji? tidak mungkin, atau lupa? juga tidak mungkin, atau tersesat? wa ini lebih gak mungkin. ternyata sang malaikat enggan memasuki rumah nabi karena suatu sebab. apakah itu?

kemudian Rasulullah pun menoleh ke dalam rumahnya. ternyata di bawah tempat tidurnya ada anak anjing kecil.

“Kapan anjing ini masuk ?” tanya beliau.

Aisyah menyahut : “Entahlah”.

Setelah anjing itu dikeluarkan, masuklah malaikat Jibril.

“Mengapa engkau terlambat ? tanya Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam kepada Jibril. Jibril menjawab: “Karena tadi di rumahmu ada anjing. Ketahuilah, kami tidak akan memasuki rumah yang di dalamnya terdapat anjing dan gambar (patung)” [Hadits Riwayat Muslim]

dalam hadis yang lain Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

لَا تَدْخُلُ الْمَلَائِكَةُ بَيْتًا فِيهِ كَلْبٌ وَلَا صُورَةُ تَمَاثِيلَ

“Malaikat Tidak masuk rumah yang terdapat anjing dan gambar makhluq bernyawa di dalamnya”

malaikat siapa?

para ulama berkata bahwa malaikat disini adalah malaikat rahmah (pembawa rahmat). jadi tidak semua malaikat. bukan juga malaikat maut. enak banget kalo malaikat maut juga gak mau masuk ntar yang suka memelihara anjing gak da matinya dong (iklan kartu as).

jadi kalau malaikat rahmah ogah masuk ya rumah kita tidak akan dapet rahmat alias tidak barokah. nah lho! kalo tidak barokah maka banyak bencana seperti penyakit, kecolongan, kerusakan, badai rumah tangga dan lain-lain. gak mau ah.

apakah seluruh anjing?

iya semua jenis anjing. entah itu anjing pudel, dalmation, buldog, helder, sampai anjing jenis spy di “cat & dog”. semua termasuk. walaupun ada beberapa ulama yang mengecualikan anjing penjaga kebun dengan dalil pembolehan. menurut saya pembolehan bukan berarti pengecualian tapi pembolehan dengan resiko.

yang dimaksud gambar apa?

gambar yang dimaksud adalah gambar makhluk yang bernyawa, manusia dan hewan. termasuk juga patung-patung dan lukisan-lukisan.

apa yang seharusnya saya lakukan?

jika dirumah anda patung maka singkirkan, hancur kan atau apalah yang penting tidak di rumah. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam menyuruh umatnya memotong kepala patung sehingga menyerupai pohon. Aisyah pun pernah merobek kain yang bergambar makhluk bernyawa jadi dua kemudian menjadikannya sarung bantal.

bagaimana dengan foto?

dengan berat hati saya harus mengatakan bahwa foto-foto makhluk bernyawa seperti foto keluarga atau foto pacar atau foto pemain bola yang anda pajang di rumah anda (sehingga rumah anda seperti studio foto), semua itu termasuk yang ada dalam hadis :(… jadi harus anda dihilangkan jika rumah anda ingin berkah.

mas bro, think creative. sekarang jaman sudah maju. tidak perlulah foto itu dipajang, cukup disimpan dalam media digital seperti komputer, flasdisk bahkan fesbuk pun bisa dibuat untuk tempat penyimpan foto.

saya tau ini adalah sesuatu yang berat (termasuk saya sendiri). tapi inilah kebenaran yang harus diungkap. yang sudah jelas hadis nya. ini Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam yang berkata. maka sebagai orang yang beriman maka kita selalu melaksanakan perintah Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...